Perdagangan
elektronik atau e-dagang
(bahasa
Inggris: Electronic
commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya.
E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,
sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Konsep E-commerce
E-dagang
atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat
elektronik
(e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem
pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Infrastruktur E-Commerce
Infrastruktur E-Commerce
• Penggunaan media elektronik untuk melakukan perniagaan / perdagangan
– Telepon, fax, ATM, handphone, SMS
– Banking: ATM phone banking, internet banking
• Secara khusus
– Penggunaan Internet untuk melakukan perniagaan
– Ada transaksi
– Telepon, fax, ATM, handphone, SMS
– Banking: ATM phone banking, internet banking
• Secara khusus
– Penggunaan Internet untuk melakukan perniagaan
– Ada transaksi
Pelayanan E-commerce meliputi:
• ERP (Enterprise Resource Planning) sistem informasi pendukung e-business, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis.
• CRM (Customer Relationship management) sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan kustomer.
• EAI (Enterprise Application Integration) merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message.
• SCM (Supply Chain Management) manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi.
Positive &
Negative E-Commerce
Positive:
Positive:
• Jenis bisnis baru (Bisa menjual tanpa modal besar)
• Market exposure, melebarkan jangkauan
• Memperpendek waktu product cycle (Tidak perlu banyak tangan)
• Meningkatkan customer loyality
• Mengurangi biaya produksi dan promosi
• Mengurangi biaya inventory
• Market exposure, melebarkan jangkauan
• Memperpendek waktu product cycle (Tidak perlu banyak tangan)
• Meningkatkan customer loyality
• Mengurangi biaya produksi dan promosi
• Mengurangi biaya inventory
• Mengurangi biaya komunikasi
• Hampir tidak terlihat perbedaan antara perusahaan besar dan kecil
• Memudahkan konsumen memilih barang, 24 jam nonstop
• Mempercepat dan mempermudah transaksi, anywhere
• Memungkinkan barang dijual lebih murah
• Hampir tidak terlihat perbedaan antara perusahaan besar dan kecil
• Memudahkan konsumen memilih barang, 24 jam nonstop
• Mempercepat dan mempermudah transaksi, anywhere
• Memungkinkan barang dijual lebih murah
Negative:
• Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal
• Delivery channel
• Delivery channel
- Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan.
- Ketepatan waktu dalam pengiriman barang
- Jangkauan daerah pengiriman barang
• Kultur dan Kepercayaan (trust)
• Security
• Munculnya jenis kejahatan baru
• Security
• Munculnya jenis kejahatan baru
- Penggunaan kartu kredit curian / palsu
- Penipuan melalui SMS, kuis
• Ketidakjelasan hukum
- Digital signature
- Uang digital / cybermoney
- Status hukum dari paper-less transaction
0 komentar:
Posting Komentar