Selasa, 17 Januari 2012

E-Business (Bisnis Elektronik)

Apa itu E-bussiness?
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).

 Konsep E-bussiness

Infrastruktur dari sebuah E-Bussiness
E-Business yang dilakukan secara simultan dengan program manajemen perubahan (change management). “Kemampuan” berarti perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk mewujudkan “kemauan” tersebut, seperti: sumber daya manusia dengan kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan, dukungan finansial yang memadai, keberadaan fasilitas teknologi informasi terkait (aplikasi, database, komputer, internet, dan infrastruktur), dan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis (vendor, pemasok, lembaga keuangan, dan lain sebagainya). Sebagian besar dari sumber daya tersebut merupakan komponen utama dari sebuah konsep e-Business, yaitu: proses bisnis yang akan men-drive aplikasi, data/informasi yang akan men-drive database, teknologi yang akan men-drive perangkat keras dan infrastruktur, dan stakeholders (mereka yang berkepentingan) yang akan men-drive sumber daya manusia (user dan pengembang sistem e-Business), dan sistem governance (seperti kebijakan, prosedur, job description, dan lain-lain).

Infrastruktur dalam E-bussiness
 
Pelayanan yang terdapat dalam E-bussiness meliputi:

  1. Portal.
  2. E-tailer.
  3. Lelang.
  4. Barter.
  5. Penyedia Konten.
  6. Komunitas.
  7. Afiliasi
  8. Broker transaksi
Positive & Negative E-Business
Positive:
  • Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Meningkatkan customer loyality.
  • Memperpendek waktu produksi.
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
Negative
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem   perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  • Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

4 komentar:

Silvi Willemson mengatakan...

Thank you for sharing the above details. It's extremely helpful and instructive. Continue to post informative blogs. To begin investing in an e-commerce service like letgo clone app , you must first understand the factors that can influence your success. It can also provide information to people, which is particularly useful in relation to social media. If you want to learn more about the features of the Doordash clone, come see us today.

Appcodemonster mengatakan...

Amazing Blog. With GoAvito's Letgo clone script web app is cost-efficient provides top-notch features and functionalities along with customized solutions. Our clients can explore the wide range of nearly new products from the Letgo clone script web app for sales from the nearby areas and buy it by connecting with the respective seller. Business with our expertes click here
https://www.appcodemonster.com/letgo-clone-script/

sophia ash mengatakan...

Thanks for sharing this blog. Almost covered everything. There are a lot of Delivery Management Software companies to learn about. Our home solution makes it easier for people to get their data and make communication easier between the back office, customers, and technicians. This helps businesses run more smoothly. We come up with home service ideas to help our customers build strong relationships with us.

Bella Allen mengatakan...

Online food ordering is becoming increasingly popular, with an increasing number of customers preferring to place their orders online. If you want to see a lot of success in the online food delivery and order business, a top on-demand app development company, offers a Restaurant App Development Company solution for your business.

Posting Komentar

 
;